Tips Meningkatkan Keterampilan Wawancara
Written By Unknown on 31/10/12 | 14.16
Tips Meningkatkan Keterampilan Wawancara
Bahkan pencari kerja yang cerdas dan berkualitas sekalipun perlu melakukan persiapan untuk wawancara kerja. wawancara adalah keterampilan yang dipelajari, dan tidak ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang hebat. Simak 10 tips untuk meningkatkan keterampilan wawancara kerja berikut ini :
Melatih Komunikasi Nonverbal dengan Baik
Ini tentang bagaimana anda menunjukkan kepercayaan : Berdiri dengan tegak, membuat kontak mata dan berjabat tangan dengan baik. Kontak komunikasi nonverbal anda ini bisa menjadi awal yang baik - atau berakhir cepat - untuk wawancara anda.
Mendengarkan
Di saat awal interviw, pewawancara akan memberikan informasi, entah itu secara langsung atau tidak langsung. Jika kamu tidak mendengarkannya maka kamu akan kehilangan kesempatan besar. Kemampuan komunikasi yang baik itu didalamnya termasuk kemampuan mendengarkan dan membiarkan orang tahu bahwa kamu mendengar apa yang mereka katakan.
Jangan terlalu banyak bicara
Menceritakan kepada pewawancara lebih dari yang dibutuhkan bisa mejadi kesalahan yang fatal. Bila kamu tidak punya waktu dalam persiapan, kamu mungkin mengoceh ketika menjawab pertanyaan wawancara, dan kadang-kadang bicara sendiri diluar topik pembicaraan. Siapkan diri untuk wawancara dengan membaca tentang pekerjaan yang dilamar, sesuiakan kemampuan kamu dengan persyaratan dan posisi yang dipilih.
Jangan terlalu Akrab
Interview adalah sebuah pertemuan profesional untuk membicarakan bisnis bukan pertemuan untuk mecari teman baru.
Gunakan Bahasa Yang tepat
Gunakan bahasa baku dan sesuai EYD, jangan gunakan bahasa gaul atau 'slang'. Kesalahan dalam penggunaan tata bahasa bisa mengirim kamu ke pintu keluar secara cepat.
Berhati-hatilah dalam menjawab pertanyaan.
Ketika pewawancara meminta kamu memberikan contoh ketika kamu melakukan suatu hal, mereka sedang mengajukan pertanyaan yang disebut "behavioral interview" yang dirancang untuk memperoleh prilaku masa lalu kamu. Jika kamu gagal untuk menggambarkan suatu kasus, kamu sudah dianggap tidak bisa menjawab pertanyaan dan menghilangkan kesempatan untuk membuktikan kemampuan kamu dan berbicara tentang keahlian kamu.
Jangan Sombong
Sikap memainkan peran penting dalam keberhasilan wawancara. Ada keseimbangan yang baik antara kepercayaan diri, profesionalisme dan kesopanan. sikap yang terlalu percaya diri bisa menjadi bumerang bagi kamu.
Related Articles
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
0 komentar:
Posting Komentar