Kamu mungkin kawatir tentang bagaimana membuat kesan positif saat wawancara kerja. Tingkatkan peluangmu untuk mendapatkan wawancara yang sukses dengan metode 4P berikut :
1. Prepare
Kenali Dirimu
Identifikasilah apa yang menjadi aset dan kualitas kamu seperti keterampilan dan kompetensi, pengetahuan, keyakinan,ketertarikan, karakter pribadi, serta kebutuhan kamu. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu ketika kamu tahu apa yang akan kamu berikan kepada perusahaan dan juga untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa kamu memiliki tujuan.
Cari tahu tentang perusahaan dan pekerjaan
Pelajari semua tentang perusahaan dan posisi yang di tuju. Mengetahui informasi ini menunjukkan kamu termotivasi dan tertarik pada perusahaan. Cobalah mempelajari perusahaan dari website resmi mereka, melihat laporan tahunan terbaru, update berita terbaru mengenai perusahaan dan visi misi perusahaan.
Jika perusahaan tidak memiliki website, cobalah untuk berkunjung dan meminta brosur terbaru, laporan tahunan dan pulikasi lainnya.
Pastikan kamu tahu tentan posisi yang dilamar. Minta informasi mengenai deskripsi pekerjaan ke departemen SDM mereka atau menggali informasi dari seseorang yang bekerja di posisi yang sama.
Tahu Prestasi Anda
Pewawancara ingin tahu tentan track record yang telah kamu capai. Mereka sering menggunakan kinerja masalalu untuk memprediksi kesuksesan masadepan. Ingatlah hal ini selama proses interview dan mengambil kesempatan untuk menunjukkan prestasi kamu. Berikut beberapa tips untuk membantu kamu mempersiapkannya :
- Buat daftar master prestasi dari kegiatan yang kamu lakukan.
- Tinjau prestasi kamu yang terkait dengan persyaratan posisi ini?
- Jelaskan situasi yang menggambarkan prestasi kamu dengan menggunakan STARS (Situation, Task, Action, Result and Skills) atau situasi, tugas, aksi, hasil dan keterampilan.
2. Practice
Pewawancara ingin mengetahui keterampilan, pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi tersebut dan juga ingin mengetahui seberapa baik kamu dalam berkumunikasi. Berlatihlah tentang apa yang akan dikatakan dan bagaimana menyampaikannya, itu akan berguna bagi kamu untuk berkomunikasi dengan baik dan percaya diri.
3.Participate
Bagaimana kamu menampilkan diri dalam penampilan saat wawancara-sikap dan bahasa tubuh sangat penting, Kamu tidak akan mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama! Saran berikut akan membantu kamu menunjukkan antusiame dan motivasi dalam wawancara :
- Duduk tegak dengan kaki rata dilantai, bersandar sedikit kedepan untuk menunjukkan minat.
-Lakukan kotak mata
-perhatikan bahasa tubuh dan ekspresi pewawancara
- Dengarkan pertanyaan dengan jeli sebelum menjawab
4. Be positive
Kebanyakan orang akan merasa cemas saat interviw kerja. Kamu dapat memilih untuk menjadi positif dan percaya diri, bahkan jika kamu gugup. Berpura-puralah merasa percaya diri, walaupun sebenarnya tidak, ini akan memberikan efek positf kepadamu dan pewawancara.
Kurangi kecemasanmu dengan menyadari bahwa interview adalah pertemuan atara dua pihak yang sama pentingnya dengan tujuan berbagi informasi. Perusahaan ingin mengetahui apakah kamu bisa melakukan pekerjaan jika kamu diterima. Sedangkan kamu ingin mengetahui apakah kamu harus menyumbangkan keteramplian dan pengetahuan untuk perusahaan,jika kamu bisa belajar dan tumbuh dalam posisi ini, dan jika kamu akan dihormati dan diberi kompensasi yang sesuai atas kontribusi kamu.
Menggunakan metode 4P akan membantu kamu menampilkan diri dengan percaya diri dan profesional saat interview. Setiap interviw itu adalah pengalaman positif yang membuat kamu lebih dengan pekerjaan yang dicari.
Sukses Wawancara Dengan 4P
Written By Unknown on 08/11/12 | 15.45
Related Articles
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
0 komentar:
Posting Komentar